Pages

Tuesday, November 8, 2011

Menikmati Kopi Sambil Merokok Membuat Kopi Lebih Nikmat, Benarkah?


Sebagian peminum kopi, khususnya di Indonesia, selalu berpikir bahwa minum kopi sambil merokok itu nikmat. Apakah hal tersebut benar?

Sebagai salah satu penikmat kopi, saya merasa bahwa menikmati kopi sambil merokok adalah hal yang salah. Meskipun begitu sebagian kawan masih berpendapat bahwa merokok itu menambah kenikmatan dalam meminum kopi. Jika dilihat dari kacamata penikmat rokok, memang benar bahwa merokok sambil meminum kopi itu nikmatnya tiada tara. Kata mereka, merokok dapat menambah cita rasa dalam meyeruput kopi, membuat rasa kopi semakin mewah dan lebih nikmat. Tetapi hal ini tidak berlaku sebaliknya, merokok cenderung mengurangi kualitas kopi. Mengapa demikian? Mari kita bahas.

Dilihat dari sudut pandang penikmat kopi, anggapan bahwa kopi lebih nikmat bila diminum sambil merokok adalah anggapan keliru. Sifat kopi adalah menyerap bau sekitarnya. Sehingga bila minum kopi sambil merokok, tentu saja mengurangi kualitas dari aroma kopi tersebut. Aroma kopi perlahan-lahan mulai tertutup oleh bau tembakau dari asap rokok. Untuk yang tidak peka atau yang tidak ingin menikmati kopi, tidak masalah. Tetapi untuk yang ingin menikmati kopi tentu ini masalah. Kualitas kopi sedikit menurun, rasa kopi menjadi sedikit berbeda. Selain itu kepekaan lidah menjadi sedikit menurun. Hal ini karena sebagian permukaan lidah tertutup oleh asap rokok yang mengendap, aroma dalam mulut pun berubah menjadi aroma tembakau dan ini sangat mengganggu kinerja indera pengecap kita.

Jika kalian ingin menikmati kopi, cobalah untuk tidak merokok saat ingin menikmati kopi, rasakan bedanya.

***

Dan jika ingin lebih menghayati kenikmatan kopi, jangan tambahkan gula kedalam cangkir kopi anda.

No comments:

Post a Comment