Pages

Tuesday, March 13, 2012

Renungan: Antara Proses atau Hasil Akhir

Suatu ketika sempat terpikir dalam benak saya untuk mengulas lagi masalah pendidikan. Seperti biasanya saya mencoba melihat dari sudut pandang berbeda. Perebutan mahkota antara proses dan hasil. Berbicara masalah proses jauh lebih rumit. Hasil akhir bukan segalanya, justru proses mencari hasil akhir yang seharusnya lebih dilirik. Perebutan ini menimbulkan sebuah pertanyaan di akhir tulisan ini.





Selama ini pendidikan identik dengan hasil daripada proses. Padahal yang paling penting justru prosesnya. Proses bisa dimulai saat kita bergerak, mengamati, berpikir, berkreasi, hingga pada akhirnya membuat hasil. Sayangnya selalu hasil akhir yang menjadi pembeda.

Andaikan proses lebih di apresiasi daripada hasil, tentu akan banyak kejutan yang terjadi. Lebih banyak kegembiraan daripada perampasan. Memang aneh mengetahui proses pembelajaran menjadi sesuatu yang kurang penting dibandingkan dengan hasil akhir.

Mereka lebih suka melihat 1 + 11 X 9 sama dengan 100 daripada berusaha mempertanyakan asal muasal angka 100. Padahal proses mencari angka 100 itulah yang penting, disanalah kita menunjukkan kualitas sejati kita. Jika hanya terpaku pada hasil, angka 100 bukan tidak mungkin didapat dari menyontek pekerjaan orang. Sedangkan bertanya proses akan didapat jawaban berkualitas bahwa terlebih dulu mengalikan 11 dengan 9 lalu hasilnya ditambah 1.

Jadi lebih baik mana: "Mengerjakan sendiri sebuah tugas dengan tangan sendiri tanpa menyontek tetapi mendapat nilai pas-pasan" atau "Menyuruh orang mengerjakan tugas kita agar mendapat nilai sempurna" ?

Biarkan nurani kalian yang menjawab, kesampingkan logika anda. Karena nurani merupakan aspek terlemah dari kualitas individu negara kita.

Published with Blogger-droid v2.0.4

8 comments:

  1. dilema memang, melakukan sendiri pasti lebih baik, karena kita tahu prosesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, mengerjakan sendiri pasti membuat kita lebih menguasai dan mengerti

      Delete
  2. Saya selalu menikmati sebuah proses :p seperti bertualang memasuki dunia yang baru :) tapi ketika terlalu menikmati proses dan akhirnya sampai ke hasil akhir, rasanya seperti antiklimaks u.u

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sepertinya mbak dweedy tipikal orang yang suka petualangan dan hal-hal baru :P

      Delete
  3. Asiik Blogger Droid :D

    ReplyDelete
  4. setuju... 5+5 pasti hasilnya 10... tapi 10 bisa didapat dengan variasi angka yang berbeda-beda. Bisa juga didapat dari pengurangan perkalian, pembagian, penambahan. banyak orang pragmatis yang mementingkan hasil akhir,padahal perjalanan menuju hasil akhir itu yang membuat kita belajar lebih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, cocok banget. Kayak sebuah pepatah lama, pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman adalah sebuah proses pencarian mencari hasil. Bang cungkring udah paham nih.

      Delete