Pages

Monday, March 26, 2012

keadilan itu apa sih?

Keadilan itu apa sih? Keadilan adalah sesuatu yg abstrak. Tidak selalu masalah presisi sama rata.  Karena tak semua hal bisa diukur secara tepat dan akurat. Karena bentuknya yg abstrak maka keadilan membutuhkan sebuah medium untuk menangkapnya. Keadilan menurut seseorang belum tentu dipandang adil menurut orang lain. Lantas adakah konsep keadilan yg paling mudah dimengerti?

Berangkat dari pertanyaan diatas, saya mencoba menjawab dengan mengutip sebuah contoh yg saya temukan saat membaca sebuah literatur.



Mungkin cara memahami konsep keadilan yg paling mudah adalah ketika seorang ibu yang ingin membagi sebuah roti kepada dua orang anaknya. Ibu ini berpikir sebuah cara agar kedua anak puas dan tidak ada keinginan untuk saling merebut bagian yg besar. Kemudian ibu tersebut menyuruh salah satu anak (anak A) memotong roti dan membiarkan anak satunya (anak B) memilih lebih dulu bagiannya. A akan berusaha memotong sama besar agar tidak mendapat bagian yg lebih kecil karena bagian terbesar sudah pasti diambil oleh B. Sedangkan B tak akan protes jika mendapat bagian yg lebih sedikit karena diberi hak untuk memilih lebih dulu. Mungkin itu sebuah konsep sederhana tentang keadilan yg pernah saya baca di sebuah literatur. Memang tak mungkin hasilnya presisi sama rata, tapi itu merupakan cara paling adil bila dilihat dari sudut pandang kedua pihak.

Ada yg mau memberi contoh lain?

3 comments:

  1. kalau contoh gue gini
    kakak adik, yang satu sekolah dasar dan kakaknya sekolah menengah atas. kalau disamaratakan uang jajannya ini gak adil menurut gue, yang adil adalah ketika uang jajan disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu sang kakak akan jauh lebih besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, ini juga salah satu contoh bagus mengenai keadilan. Bukti lain bahwa keadilan itu abstrak dan butuh sebuah medium khusus untuk menangkapnya. Saudara Cungkring menggunakan medium berupa perbedaan tingkat kebutuhan. Bagus :)

      Delete
  2. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete