Pages

Sunday, February 28, 2016

Sekilas Review: Samsung Galaxy S7, Dual Pixels yang Tahan Air

Produsen elektronik kelas dunia asal Korea Selatan, Samsung, kembali unjuk gigi pada pertemuan tahunan Mobile World Congress di Barcelona. Tak tanggung-tanggung, Samsung langsung meluncurkan dua smartphone, yaitu Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas sedikit mengenai Samsung Galaxy S7.




Tahan Air
Samsung Galaxy S7 menggunakan layar 5,1-inchi QHD dilindungi Corning Gorilla Glass yang mengusung Super Amoled 16M warna dengan resolusi 1440 x 2560 pixels (~577 ppi). Menggunakan material kaca dan balutan aluminium, design ponsel ini terasa mewah. 

Bila disandingkan dengan S6, terdapat perbedaan ukuran yaitu ketebalannya meningkat dari 6,8mm menjadi 7,9mm. Selain itu ponsel ini memiliki kemampuan tahan air serta debu bersertifikasi IP68. 
Ini berarti kita bisa memakai ponsel ini saat berenang atau berendam di air hangat tanpa takut rusak.


Dual Pixels Sensor
Meski terdengar seperti penurunan, kualitas kamera 12MP milik S7 tetap lebih baik bila dibandingkan dengan 16MP milik S6. 

Samsung mengklaim kombinasi dual piksel 12MP kamera belakang, OIS, aperture f/1.7, dan 1.4um piksel milik Galaxy S7 mampu menangkap 95% cahaya lebih terang dibandingkan Galaxy S6 ditempat minim cahaya. 

kamera belakang S7

Samsung juga mengklaim bahwa S7 merupakan smartphone pertamanya yang menggunakan Dual Pixel Sensor. 

Lupakan Panorama mode pada handphone lawas anda, Galaxy S7 memperkenalkan Motion Panorama. Mode yang dapat merekam panorama layaknya video ini merupakan salah satu unggulan Galaxy S7.

Samsung membekali Galaxy S7 dengan processor Octa Core Exynoss 8890 dan Qualcomm Snapdragon 820 untuk beberapa area tertentu seperti US. 

Exynoss 8990 merupakan pengembangan termuktakhir yang memberikan 30% peningkatan performa dan 10% lebih hemat energi dibandingkan Exynoss 7420 yang digunakan S6.
klik disini untuk mengetahui lebih banyak tentang Exynoss 8octa

GPU yang digunakan adalah Mali-T880MP12. Versi ini adalah versi terbaik sejak smartphone ini diluncurkan. 

Kabar baiknya, Galaxy S7 akan mendukung API grafis Vulkan. Vulkan dirancang untuk memberikan kinerja grafis lebih baik dan lebih hemat energi. Perpaduan Vulkan API dengan Game Launcher yang terdapat dalam Samsung Galaxy S7 merupakan sebuah terobosan dalam pengalaman bermain game. 

Beberapa fungsi Game Launcher:
  • memberikan pengaturan baterai agar lebih hemat
  • mencegah notifikasi masuk saat bermain game
  • mengunci tombol lock&recent keys untuk meminimalisir ketidaknyamanan saat tombol itu tidak sengaja tersentuh
  • meminimise tampilan game
  • mengambil sreenshoot
  • merekam game

Tambahan memory hingga 200GB
Samsung Galaxy S7 dibekali memory internal sebesar 32GB untuk mendukung penyimpanan data dan dokumen anda. Apabila kurang, Samsung memberikan fasilitas tambahan microSD dengan kapasitas hingga 200 GB. Slot microSD yang digunakan adalah hybrid, jadi apabila anda tidak ingin menggunakan microSD maka slot tersebut dapat digunakan sebagai dual sim.

Selain itu, RAM yang digunakan sebesar 4GB. Sekali lagi ini menunjukkan bahwa Galaxy S7 sangat mendukung kenyamanan dalam bermain game.

 

     Single Sim dengan microSD                                                               Dual Sim tanpa microSD



Always On
Seperti LG, Samsung juga menggunakan fitur Always On Display. Ini berarti sebagian layar Galaxy S7 akan selalu menyala dan dapat menampilkan kalender, jam, notifikasi email, atau informasi lainnya. 
Meski demikian, fungsi ini tidak memberikan dampak signifikan terhadap penggunaan daya baterai.


Baterai
Galaxy S7 dibekali baterai 3,000mAh non removable, sedangkan S7 Edge dibekali 3,600mAH. Keduanya terintegrasi dengan wireless charging serta memiliki fitur fast charging.


Fitur Unggulan Galaxy S7:
- Layar Super Amoled QHD tahan air dan debu
- Exynoss 8890 dan GPU Mali T880MP12
- 4GB Ram
- Dual Pixels Camera f/1.7
- Fast charging yang didukung dengan wireless charging
- Teknologi pendingin liquid penyerap panas
- Vulkan API untuk kenyamanan bermain game
- Motion Panorama, Motion Photo, Hyperlapse
- Wide Selfie dengan sudut kamera hingga 120 derajat


Samsung Galaxy S7 merupakan salah satu smartphone terbaik yang hadir di tahun ini. Dengan meluncurnya Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung kembali membuktikan diri menjadi produsen handphone kelas atas. 



Untuk yang masih ragu, berikut adalah perbandingan Galaxy S7 dengan Galaxy S6 (sumber):





---------------
disclaimer:
.foto berasal dari official web Samsung S7 dan PC Advisor
.segala informasi berdasarkan hasil riset ke beberapa website

3 comments:

  1. Replies
    1. Hehe ndak apa apa kalo ndak ngerti

      Delete
  2. Waduh...udah S7 lagi? Cepet banget innovasinya samsung..

    ReplyDelete