Pages

Thursday, July 21, 2011

Pesona Alam Kepulauan Karimun Jawa

             Buat kalian yang suka wisata bawah laut, terutama domisili jawa, boleh sekali-kali berkunjung ke kepulauan karimun jawa.  Kawasan wisata bawah laut yang menyajikan panorama laut yang cukup bisa dibanggakan. Namun jangan membandingkannya dengan taman laut bunaken, wakatobi, apalagi raja ampat, jelas kalah jauh. Buat yang sekedar ingin melepas penat sambil menikmati sunset, snorkeling murah, maupun indahnya pantai pasir putih dengan biaya terjangkau, tentu karimun jawa solusinya. Cukup menyiapkan sekitar 500ribu anda sudah bisa menikmati aneka wisata alam yang ditawarkan. Masih mahal? Ajak teman yang banyak agar biaya dapat dibagi bersama.


Berangkat dari jepara dengan menggunakan KMP Muria, membutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Setibanya disana langsung berburu tempat penginapan untuk meletakkan barang sembari beristirahat sejenak. Ada banyak pilihan, homestay untuk yang suka hidup berbaur dengan penduduk setempat, hotel, maupun resort mewah dengan segala fasilitasnya. Pilihan terbaik memang homestay, selain murah dan terjangkau, suasan ramah yang diberikan oleh pemilik rumah memberikan nuansa tersendiri.

Setelah memilih tempat untuk menginap, saatnya berjalan-jalan menikmati panorama pantai. Sore hari memang pas untuk berjalan ditepi pantai sambil menunggu sunset, jangan lupa membawa kamera untuk menangkap momen seru anda. Untuk penyuka kopi, bisa bersantai merasakan kemewahan menyeruput kopi di pesisir pantai sembari menunggu sunset.

Hari esok dimulai dengan sarapan, dan tur wisata antar pulau. Disana ada sebuah pulau yang memberikan kenikmatan berenang bersama hiu-hiu jinak. Tak perlu takut karena hiu yang ada tak lebih dari 1 meter. Setiap pulau memiliki keunikannya masing-masing. Tapi jangan heran jika tak semua pulau bisa anda kunjungi, sebab ada beberapa pulau yang sudah dijadikan sebagai
resort yang mematok tarif singgah yang cukup lumayan.

Diperjalanan tur antar pulau, diberikan fasilitas snorkeling untuk melihat-lihat keindahan dalam air. dari kedalaman 1,5 meter hingga 4 meter atau lebih. Pemandu wisata sudah paham dimana saja lokasi yang asik untuk ber-snorkeling. Disini terdapat jasa foto dalam air yang disediakan oleh pemandu wisata. Pastikan anda membawa makanan ringan seperti roti atau biskuit untuk menarik ikan-ikan agar bisa mendekati anda.

Tetapi tolong, jangan merusak terumbu karang yang ada disana. Terumbu karang sangat rawan akan kerusakan secara fisik. Kerusakan terumbu karang akan berdampak kepada keseimbangan ekosistem. Jika ekosistem itu rusak, maka pemandangan indah pun tak ada.

Setelah berkeliling, kita akan disuguhkan menu makan siang di sebuah pulau dengan pantai pasir putih yang menawan. Makanannya? Tentu saja ikan bakar. Nikmatnya makan ikan bakar sambil duduk dipasir putih dan melihat pantai.

Ada baiknya apabila sebelum melakukan tur ini menggunakan tabir surya (sunblock) karena sengatan matahari dapat membakar kulit anda.

Sore harinya, pemandu wisata akan mengajak anda menikmati indahnya sunset dari laut. Pengalaman langka untuk saya yang tinggal disebuah kota yang jauh dari laut. Indahnya bukan main, matahari tak dihalangi apa-apa selain awan. Beda sekali dengan disini yang penuh sesak dengan bangunan.

Malam harinya bisa berjalan-jalan ke alun-alun untuk makan malam sembari bercengkrama dengan pengunjung lain. Pilihan menu dari seafood sampai nasi goreng tersedia disini. Setelah jam 10 malam suasana mulai sepi. Penduduk lokal jarang ada yang berkumpul hingga larut malam, dan para turis sudah mulai beristirahat setelah menikmati hari yang indah.

Pantai-pantai yang ada dikepulauan ini belum terlalu terkontaminasi polutan-polutan seperti halnya yang kerap ditemui di pantai-pantai di pulau jawa. Paling banyak sampah-sampah dedaunan bakau dan daun dari pohon yang tumbuh disekitaran pantai. Di kedalaman 30cm, sekitar selutut, anda dapat melihat ikan-ikan kecil yang asik berenang. Jarak dari garis pantai hingga 50meter ke arah pantai pun tak terlalu dalam, sehingga dapat dijelajahi dengan berenang sambil ber-snorkeling tanpa takut tenggelam. Terumbu karang kerap dijumpai mulai dari kedalaman setengah meter (kira-kira hampir sepaha orang dewasa).


Foto-foto hasil jepretan saya dan teman-teman:

waktunya jelajah antar pulau

ini lho ikan hiu jinak

tuh ikannya banyak kan

pilih pilih kapal sebelum jelajah antar pulau

sore-sore enaknya santai begini

terumbu karang yang mengagumkan
   
coba cari dimana ikannya

bergaya dulu sebelum snorkeling

nih pemandangan bawah air

ayo sini ikut snorkeling

persiapan sebelum naik kapal

   
snorkeling lagi di tengah laut

nih beberapa turis yang lagi asik main di pantai

ini nih yang bikin kangen

bersih kan

kedalaman segitu aja masih jernih

menunggu sunset


Keindahan alam memang membuat kangen. Suatu saat saya pasti akan berkunjung kesini lagi, atau mungkin malah pergi menjelajah ke tempat lain yang jauh lebih indah. Taman laut bunaken, wakatobi, bangka belitung, atau raja ampat pasti sudah tak sabar menunggu kehadiran saya.

5 comments:

  1. ekaaaaaaaaa. pas baca ini lgsg ngebayangin kalo lg disana juga. bagus yahhh. lmyn buat refreshing sejenak. tp jauh ka dr jkt, mana bs pergi jauh2 begini gue, hehe. tp nice story, boy! trs udh refresh gitu, jgn lupa skripsinya ya. hahaha :D

    ReplyDelete
  2. Shandy KurniawanJuly 22, 2011 at 5:55 PM

    aaaahh...mupeng total sudah saya..
    mingin2in orang aja lu cuy..
    hahaha (>.<)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wiiiiih keren banget......dan terjangkau
    Jadi pengeeen

    ReplyDelete
  5. yaph, JK bener banget... KarimunJawa emang bikin kangen... aku kangen sama snorkelingnya, bikin nagih... masyarakatnya juga ramah-ramah... semoga bisa kesana lagi.. tapi pengen ke Raja Ampat & Wakatobi dulu, semangaattt...^_^

    ReplyDelete