Pages

Wednesday, June 13, 2012

Perjalanan dan Pembentukan Karakter


Beberapa orang yang cukup beruntung, memiliki waktu yang bisa digunakan untuk menyalurkan minat. Passion atau minat merupakan salah satu hal krusial dalam pembentukan karakter seseorang. Pembentukan karakter yang sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dipengaruhi juga dengan cara pandang sesorang dalam menilai suatu hal. Minat merupakan salah satu hal yang mempengaruhi cara pandang seseorang, sehingga dapat dikatakan bahwa minat juga memiliki peran dalam pembentukan karakter seseorang.



Bukan sebuah hal yang mengherankan bila seseorang yang memiliki rasa ingin tau cukup besar memiliki minat khusus pada wisata. Wisata yang adalah sebuah sensasi, sebuah perjalanan untuk pencapaian. Satu hal yang paling menarik dari sebuah perjalanan adalah menemukan. Tak bisa dipungkiri bahwa sebuah perjalanan akan terasa istimewa bila kita menemukan sebuah pencapaian yang lebih dari yang kita rencanakan.

Apa yang sebenarnya dicari saat melakukan sebuah perjalanan dengan hasil yang didapat saat melakukan perjalanan tersebut adalah sebuah korelasi, sebuah keadaan yang memang diharapkan dan saling berkaitan. Namun tak sedikit yang menjumpai hal-hal yang tak terduga dalam perjalanannya.

Dalam melakukan sebuah perjalanan tak hanya mengandalkan sebuah rencana yang sudah disusun sebelumnya, pengambilan keputusan yang tepat dan cepat lebih diperlukan daripada sekedar rencana. Rencana hanya sebuah pedoman, sekedar batas agar kita tak melenceng jauh dari tujuan kita semula. Tapi tak ada yang bisa menjamin tak akan ada perubahan tujuan ditengah perjalanan, tak ada yang bisa menjamin faktor ekstern selalu mendukung rencana perjalanan yang kita lakukan.

Sifat tegas, tepat, dan cepat dalam mengambil keputusan merupakan sebuah imbas dari implikasi atas kejadian tak terduga selama melakukan perjalanan. Seiring dengan seringnya melakukan pengambilan keputusan secara tegas, tepat, dan cepat, karakter kepemimpinan secara tak langsung ikut terbentuk. Tak selamanya sebuah wisata diartikan sebagai ajang hura-hura, karena banyak hal positif yang dapat kita ambil saat melakukan sebuah perjalanan.

Saking asiknya melakukan sebuah perjalanan, sampai-sampai terkadang kita tak menyadari bahwa kita sedang membentuk karakter kita.

foto: http://arulchandrana.wordpress.com/2011/02/28/tak-ada-lagi-perjalanan/

2 comments:

  1. biarkan anda yang menentukan passion & peta kehiduan anda bukan lingkungan atau orang terdekat,karena ini hidup anda maka anda sendiri yang akan mempertanggung jawabkan semua itu nanti dihadapan Tuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, memang kita yang menentukan dan kita yang memutuskan pilihan passion dan peta kehidupan kita. Akan tetapi lingkungan dan orang terdekat merupakan salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan terkait dengan pemilihan passion dan peta kehidupan kita :)

      Delete