Pages

Tuesday, January 15, 2013

FIlm Pendek dan Gerimis

Proyek pembuatan film pendek yang saya gagas bersama dengan teman-teman sudah menemui kemajuan. Sedikit banyak kesalahan-kesalahan kecil mulai diperbaiki. beberapa teknik sudah mulai dikuasai. Sejujurnya saya sangat senang dengan kemajuan ini.

Beberapa tema sudah dipersiapkan. Yang paling terpenting adalah masing-masing sudah tau tugas dan perannya. Memang ide membuat film pendek hanyalah percikan ide yang harapannya tak muluk-muluk agar tak terlalu kecewa bila batal terwujud. Seperti ribuan ide-ide lainnya yang sudah terdesain dengan matang namun selalu menemui jalan buntu di proses eksekusi.

beraksi dibalik layar

Ekseskusi sebuah ide menjadi suatu hal yang berhasil adalah salah satu kesulitan terbesar saya. Mencari ide untuk diterapkan rasanya jauh lebih mudah daripada mengeksekusi ide tersebut menjadi sebuah prestasi. Lantunan ide-ide liar acap kali menghampiri, nyatanya tak dibarengi dengan dimulainya proses eksekusi. Tapi tak semua ide tak berhasil, ada beberapa yang berhasil dieksekusi dan terus berlanjut hingga saat ini. Membuat blog ini adalah salah satu ide liar saya yang berhasil untuk dieksekusi dan sangat bersyukur karena sampai sejauh ini saya masih cukup termotivasi untuk mengurusnya.

Oke, kembali ke proyek film. Sebuah produksi kecil kecilan dengan nama sederhana, gerimis pictures. Sangat sederhana dan tentu saja terinspirasi dari seringnya hujan yang menghalangi proses pengambilan gambar. Entah sampai kapan proyek suka suka ini berlangsung. Sejujurnya saya sudah sangat senang proyek ini bisa berjalan, apalagi bila bisa terus berproduksi menghasilkan film film yang semakin baik dari segi konsep maupun hasil akhir editing.

Dalam proyek ini saya mengemban amanat yang cukup besar. Menjadi seorang editor dadakan. Layaknya koki yang tentu saja sangat diharapkan dapat mengolah semua bahan baku menjadi suatu masakan yang sangat lezat. Terlalu banyak kekurangan coba diantisipasi dengan terus berlatih. Untuk ukuran seorang editor yang baru mengenal dunia pembuatan film, menghasilkan sebuah film yang layak tonton adalah prestasi tersendiri.

Film terbaru ini masih berupa teaser yang memberikan kunci dari teka teki mengenai film apa yang akan kami buat. Melihat geliat dan gairah teman-teman, saya pun ikut terpacu untuk memberikan kontribusi terbaik demi kebaikan bersama. Tak elok bila gambar yang sudah diambil dengan sangat baik justru malah rusak karena proses editing yang kurang maksimal.

Sambil menyambi mematangkan film ini, kami terus berlatih dengan membuat beberapa film singkat tentang apapun yang bisa diangkat menjadi sebuah film. Tentunya dengan misi tertentu seperti mengenalkan sebuah tempat yang jarang dikunjungi, budaya, sejarah, atau bahkan sekedar coba-coba kamera.

Inilah teaser film baru kami, persembahan dari gerimis pictures, selamat menikmati:

satu menit empat puluh satu detik

11 comments:

  1. hmmm.. menarik sekali ya bikin film.

    ReplyDelete
  2. yang paling berat dari membuat film pendek adalah bagian editing part video, soalnya jarang yg bisa melakukan dengan tepat namun elegan #pengalaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, editing adalah bagian paling sulit dari membuat film pendek. editor harus kreatif

      Delete
  3. Wah faighting! *ala-ala drama korea* ^^

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. makasih mbak, bersemangat sekali sampai 2 kali kirim komen :D

      Delete
  5. Wedew.
    Semoga kelak bisa membanggakan dunia perfilman di Indonesia ya kaka JK, amin

    BTW, jogja keren ya di malam hari gitu :)

    Eia, keliling2 + follow blog saya ya kakanya http://bloggueblog.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini cuma proyek suka-suka kok, belum ada langkah serius buat masuk ke dunia perfilman. tapi makasih untuk doanya :D

      Delete
    2. Hahaha
      Gpp berawal dari coba2 beakhir bahagia #apadeh

      My pleasure kaka JK.

      Delete
    3. hahaha terimakasih banyak ya. itu blognya udah di follow, salam kenal ya :D

      Delete