Pages

Thursday, December 27, 2012

Berwisata ke Jawa Tengah, Kenapa Tidak?



Pada tahun 1861, Alfred Russel Wallace berkunjung ke pulau Jawa dan menghabiskan kurang lebih tiga setengah bulan di Jawa. Dalam bukunya yang berjudul The Malay Archipelago, dia mendeskripsikan pulau Jawa sebagai pulau tropis dengan pemandangan paling menarik di muka bumi (bisa dibaca di chapter 7). Bila kalimat itu diucapkan sekarang mungkin terasa sedikit berlebihan. Tetapi jangan khawatir, di propinsi Jawa Tengah kita masih bisa melihat alasan Wallace berkata demikian. Terdapat banyak sekali destinasi wisata. Mulai dari wisata alam yang memanjakan mata, wisata budaya yang memperkaya wawasan, hingga wisata kuliner yang sanggup menggetarkan lidah anda.

"Taking it as a whole, and surveying it front every point of view, Java is probably the very finest and most interesting tropical island in the world." (Alfred Russel Wallace-1861)

Jawa tengah adalah salah satu dari puluhan propinsi yang ada di Indonesia. Jawa Tengah didiami oleh mayoritas suku jawa. Bahasa jawa menjadi prioritas. Akses menuju propinsi ini sangat mudah, bahkan menjadi salah satu yang termudah di Republik ini. Jalan beraspal sudah masuk hingga ke lingkup desa, beberapa pelabuhan siap melayani, jika masih kurang tersedia dua buah bandara untuk menikmati jasa maskapai udara. Berhubung bahasa jawa masih banyak digunakan, tak ada salahnya anda mengerti sedikit istilah-istilah sederhana dalam bahasa Jawa untuk memudahkan perjalanan anda.

Saya mencoba sedikit merangkum beberapa kota atau kabupaten yang menjadi favorit destinasi wisata di Jawa Tengah. Tetapi mohon maaf bila banyak sekali objek wisata yang tidak disebutkan dibawah ini. Ini pun hanya sekedar garis besar tanpa detail. Untuk detailnya bisa dicari sendiri dengan bertanya kepada yang lebih memahami. Kota atau Kabupaten tersebut, antara lain:

Tegal
Kota atau kabupaten yang terletak di sisi barat Jawa Tengah ini menyimpan sebuah destinasi wisata bernama Guci. Sebuah tempat pemandian air hangat di kaki Gunung Slamet bagian utara. Jika penat menerjang, bolehlah berkunjung kesini menikmati sensasi berendam air panas alami. Jangan lupakan untuk meminum kehangatan Teh Poci, dan khusus untuk penggemar daging kambing ada beberapa tempat yang menjual masakan berbahan daging kambing yang tentunya bisa membuat ketagihan.

Purwokerto
Bergerak ke selatan, terdapat sebuah kota yang cukup terkenal dengan kuliner khasnya, Tempe Mendoan. Tempe goreng yang dibalur dengan tepung dan bumbu khusus ini merupakan cemilan lezat yang dapat dinikmati siapa pun. Selain rasanya yang lezat, harganya juga sangat terjangkau. Tak heran bila cemilan ini sangat diidolakan. Selain itu Purwokerto memiliki beberapa destinasi wisata, salah satunya adalah Baturaden. Konon cerita rakyat Lutung Kasarung berasal dari tempat ini.

Dataran Tinggi Dieng
Bila anda pernah mendengar fenomena anak gimbal, maka anda sedang mendengarkan cerita tentang Dieng. Wilayah ini adalah dataran yang terbentuk dari sisa kawah gunung berapi yang terletak di Wonosobo dan Banjarnegara, Dieng merupakan destinasi wisata yang cukup tersohor di Jawa Tengah. Keberadaan anak gimbal hanyalah salah satu daya tarik wilayah ini. Disini juga terdapat Telaga Warna, Candi Arjuna, Museum Kaliasa, Kawah Sikidang, dan berbagai lainnya. Penggemar wisata budaya tentu jangan sampai melewatkan agenda rutin yang digelar setiap tahunnya, Dieng Culture Festival. Ikon kuliner tempat ini adalah Mie Ongklok dan minuman khas yang dikenal dengan nama Purwoceng, sejenis gingseng lokal yang disajikan dalam keadaan hangat.

Magelang
Candi Borobudur yang mendunia hanyalah salah satu pesona dari Magelang. Tak hanya borobudur, masih banyak candi-candi yang bertebaran di Magelang seperti Candi Mendut. Gunung Merapi yang menjadi gunung paling aktif di dunia juga terdapat di kabupaten ini. Jangan lupa berkunjung ke Ketep Pass karena dari sana kita bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Tidar, Andong, Menoreh, serta berbagai bukit hijau nan apik. Jika bertandang kemari, pastikan perut ada terisi oleh Kupat Tahu Magelang yang lezatnya tiada terkira.

Semarang
Sebagai ibukota Jawa Tengah yang juga merangkap sebagai kota pelabuhan, tak heran bila Semarang menjadi salah satu kota terpadat di propinsi ini. Disini terdapat Lawang Sewu, sebuah bangunan yang konon memiliki seribu pintu. Ada sesuatu menarik di ruang bawah tanahnya. Untuk wisata alam silahkan kunjungi Pantai Marina, Rawa Pening, Curug Benowo. Wisata budaya bisa ke Masjid Agung, Klenteng Sam Poo Kong, Gereja Bleduk, Kawasan Kota Lama, Candi Gedong Songo, dan masih banyak lagi. Kuliner Semarang bervariasi dan membuat lidah bahagia. Lunpia atau lumpia, adalah salah satu ikon kuliner kota ini.

Solo
Kota yang juga dikenal sebagai Surakarta ini merupakan satu-satunya wilayah di Jawa Tengah yang memiliki raja. Terdapat dua buah keraton/kerajaan di kota ini yang tentu saja bisa dikunjungi. Baru-baru ini diadakan event Kirab Ageng 1 Sura Keraton Solo yang diadakan rutin setiap tahun. Berbagai kuliner khas solo antara lain, Nasi Liwet, Selat Solo, Bestik, Gudeg Ceker, hingga Serabi. Untuk wisata alamnya, Tawamangu dan Telaga Sarangan adalah pilihan tepat. Melihat air terjun Grojogan Sewu di Tawamangu sambil memakan sate kelinci yang hangat adalah sebuah kebahagiaan.

Jepara
Kota ini jawaranya ukiran di Jawa Tengah. Ukiran kayu, mebel, berbagai kerajinan dari kayu, yang dibuat disini memiliki karakteristik tersendiri dengan reputasi yang sudah mendunia. Untuk penggemar wisata laut, sebuah kepulauan di utara jepara yang masih masuk ke dalam kabupaten Jepara akan memanjakan anda, kepulauan Karimunjawa. Durian petruk menjadi salah satu yang wajib dicicipi bila berkunjung kesini.

***

Nah, demikianlah sekelumit destinasi wisata di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi. Bukan karena kabupaten lainnya jelek lantas tak saya masukkan, tapi karena keterbatasan informasi yang saya miliki. Bila berkenan, ayo promosikan daerahmu di kolom komentar, agar bisa ditambahkan dalam tulisan ini.

Nikmati pemandangan alamnya. Telusuri sejarah dan kebudayaannya. Jaga kebersihan wilayahnya. Selamat berwisata.

11 comments:

  1. Aku belum pernah ke Jawa Tengah sekalipun :( entah kapan bisa kesana dan wilayah Indonesia lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kemarin sudah pernah ke Jakarta kan, seenggaknya udah pernah nginjek pulau Jawa :D

      Delete
  2. Rugi rasanya kalo ke Jawa Tengah gak ngunjungin Borobudur.
    meskipun cuma sekali kesana tapi berkesan bgt.

    Jalan-Jalan Sore Gan

    dan salam kenal dari saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Borobudur yang tersohor, memang selalu menyenangkan jika berkunjung kesana :)

      salam kenal juga :D

      Delete
  3. Purwokerto tempat menuntut ilmu dengan kuliah dan Semaran tempat mengabdikan diri dan ilmu kepada masyarakat sebagai pelayan kesehatan...

    Mohon bantuannya sobat untuk KLIK G+1 dalam artikel saya berjudul IPHONE 5 GADGET IMPIAN.
    Semoga sobat berkenan membantu dan terima kasih sebelum serta sesudahnya saya ucapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mengabdi kawan, berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat :D

      Delete
  4. Perasaan dulu pernah ke Blog ini, tapi gak ninggalin jejak...
    SO salam kenal masbrurr

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas, selamat membaca ya

      salam kenal juga

      Delete
  5. hmmmm. salam blogger. boleh dicoba saran mas bro.

    ReplyDelete
  6. Salam Persaudaraan Kami dr Kab Batang Kunjungi Balik ya Blog saya

    ReplyDelete